JAKARTA, KABARINDONESIA.CO.ID-Sebulan menjelang tutup tahun, penjualan Daihatsu terus melaju. Bulan November menjadi bulan tertinggi
penjualan sepanjang 2016, dengan wholesales 20.107 unit, dan retail sales 17.237 unit.
Sementara untuk
periode sebelas bulan terakhir, wholesales Daihatsu mencapai 173.221 unit, naik 12% dibanding periode yang sama 2015, sebesar 154.867 unit. Sedangkan retail sales berhasil mencapai 169.677 unit, naik 12%
dibandingkan periode Januari-Nopember 2015, sebesar 151.517 unit.
Pencapaian penjualan unit diiringi pula dengan kenaikan pangsa pasar. Jika pada periode Januari-Nopember 2015, pangsa pasar wholesales Daihatsu mencapai 16,5% maka pada periode yang sama tahun ini naik menjadi 17,8%. Sedangkan pangsa pasar retail sales meningkat dari 16,2% menjadi 17,6% selama periode sebelas bulan tersebut.
Pencapaian penjualan unit diiringi pula dengan kenaikan pangsa pasar. Jika pada periode Januari-Nopember 2015, pangsa pasar wholesales Daihatsu mencapai 16,5% maka pada periode yang sama tahun ini naik menjadi 17,8%. Sedangkan pangsa pasar retail sales meningkat dari 16,2% menjadi 17,6% selama periode sebelas bulan tersebut.
Melihat data wholesales Januari-November 2016, Daihatsu memiliki
tiga kontributor utama yakni Xenia, Ayla, dan Gran Max Pick Up (GMPU). Xenia
mencapai 41.326 unit atau 23.9%, Ayla sebanyak 36.989 unit (21.4%), GM Pick Up 35.052 unit (20.2%) dan Sigra 26.289 unit (15.2%). Sedangkan Terios
13.436 unit (7.8%), Gran Max Mini Bus (GMMB) 12.471 unit (7.2%), Luxio 3.950
unit (2.3%), Sirion 2.950 (1,7%), dan Hi-Max 756 unit (0,4%).
Demikian pula
dengan retailsales, tidak jauh berbeda dengan Wholesales. Tiga penopang utama adalah Xenia, Ayla, dan GM Pick Up. Xenia berkontribusi terbanyak 42.047 unit (24.8 %), disusul Ayla
37.591
unit (22.2%), GM Pick Up 37.907 unit (22.3%) dan Sigra meraih 19.341 unit (11.4%). Sedangkan Terios 13.146 unit (7.7%), GM Mini Bus 12.845 unit (7.6%), Luxio 4.063 unit (2.4%), dan Sirion
2.650 unit (1.6%).
“Melihat angka penjualan Daihatsu yang terus melaju, saya ingin menyampaikan apreasiasi khusus kepada : (1) Daihatsu Xenia, sebagai kontributor utama penjualan Daihatsu selama sebelas tahun terakhir; (2) Daihatsu Sigra, sebagai kontributor utama penjualan Daihatsu selama empat bulan terakhir; (3) Daihatsu Hi-Max, sebagai Sahabat Usaha Jagoan Jalan Sempit Perkotaan, setelah dilaunching pada 10 November 2016. Kami optimis Daihatsu akan mencapai target penjualan 2016 dengan baik dengan tetap memperhatikan saluran distribusi secara sehat” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director ADM. (*/tw)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar