oleh : suryo hadi prabowo
Staff Hubungan Pelanggan PDAM Balikpapan
Suryo Hadi |
Dengan memberikan kompensasi yang adil diharapkan para pegawai akan meningkatkan kinerjanya sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai. Kinerja pegawai akan lebih baik lagi jika perusahaan memberikan motivasi kepada pegawainya. Perusahaan harus menggerakkan pegawai sesuai dengan yang dikehendaki, selain itu hendaknya dipahami motivasi manusia di dalam perusahaan tersebut karena motivasi inilah yang menyebabkan, menyalurkan, dan menentukan perilaku pegawai supaya mau bekerja giat dan antusias mencapai hasil yang optimal.
Tujuan dari tindakan menggerakkan karyawan (motivasi) adalah tercapainya kinerja (performance) perusahaan yang optimal. saya sempat bertanya kepada peserta Outbound dari Lingkungan BPDAS Kaltim : "Bapak Ibu yang saya Banggakan, apakah yang ingin anda harapkan dari perusahaan anda, dalam menciptakan budaya kerja yang profesionalisme dengan bersinergi antara Top Manajemen, Para pimpinan bagian, hingga kepada seluruh pegawai dari level puncak hingga level bawah.
Wujud apa saja yang anda inginkan dan anda ciptakan di lingkungan kerja anda, kita tulis sama-sama Komitmen itu kemudian kita tanamkan di otak kita dan di hati kita, kemudian kita jalankan penuh dedikasi dalam pekerjaan kita sehari-hari.
Akhirnya 10 butir harapan ditulis oleh mereka di selembar karton besar, dengan tantangan menulis menggunakan tangan yang tidak biasa dipakai untuk menulis (menulis dengan tangan kiri atau sebaliknya penuh kehatian-hatian dan gemetar dalam menulisnya, saya tekankan tulis dengan perasaan penuh kasih sayang terhadap perusahaan anda) 1. Kebersamaan 2. Komunikasi 3. Profesionalisme 4. Komitmen dan Integritas 5. Solidaritas 6. Good Leadership 7. Disiplin 8. Tanggung Jawab 9. Tertib Administrasi 10. Kesejahteraan Kemudian saya tegas kan kepada mereka. "Apakah Bapak Ibu Siap menjalankan 10 butir harapan ini?". Mereka menjawab : "Ya Kami Siap". (*)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar